Alergi dan pencegahan awal

 

​Alergi memicu meningkatnya Histamin dalam tubuh dan bisa terjadi kapan saja, mengetahui penyebab pemicu alergi sangat dianjurkan untuk melakukan tindakan pencegahan, alergi bukan berarti tidak dapat disembuhkan akan tetapi alergi susah mengindikasikan penyebab awal mula timbulnya, dibutuhkan kejelian misal sewaktu makan makanan laut atau sedang bermain dengan bintang peliharaan bisa saja menjadi patokan indikasi. Di sarankan ke dokter untuk mendapatkan pertolngan lebih lanjut.

Terdapat berbagai obat untuk mengatasi alergi diantaranya antihistamin, steroid, dan lainnya. Akan tetapi obat patent alias buatan pabrik, mempunyai efek yang kurang baik bagi kelanjutan sehatnya organ tubuh kita utamanya ginjal sebagai organ fugsional penyaring berbagai macam zat yang akan diteruskan ke hati sebagai filter racun, langkah terbaik adalah solusi alami yang paling efektif untuk menghilangkan alergi.

Di antara sekian banyak herbal saya memilih beberapa herbal yang sangat mudah didapat dan tentu dapat dikreasikan dengan kegiatan fermentis kita, berikut adalah beberapa herbal tradisional untuk mengatasi alergi:

1. Madu

Madu membantu merangsang kekebalan tubuh, madu lokal dan alami sangat baik karena langsung dari alam belum mengalami proses kimiawi.

2. Quercetin

Quercetin adalah antioksidan yang dapat kita dijumpai pada makanan seperti apel, berry, bawang dan teh hitam. Quercetin menghambat sintesis histamin sehingga mengurangi gejala alergi.

3. Antihistamin alami

Vitamin C kaya akan Antihistamin alami. dengan memperbanyak asupan vitamin C dari makanan dapat membantu mengobati alergi. Obat-obatan antihistamin bisa pula digunakan untuk memperkuat efek antihistamin alami, tetapi tidak di sarankan.

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung antihistamin alami yang membantu meringankan alergi, minum 1– 2 cangkir teh hijau setiap hari dapat menyingkirkan alergi.

5. Cuka apel

Cuka apel dapat mengobati gatal yang disebabkan alergi. Cuka apel dapat diencerkan dalam air dan dioleskan pada daerah yang terkena alergi. Cuka apel juga membantu menyingkirkan bakteri dan kuman.

6. Jahe

Jahe merupakan obat alami untuk alergi yang sama efektifnya dengan madu. Jahe juga merupakan antihistamin alami dan dekongestan. Setengah iris jahe dapat ditambahkan dalam teh atau dimakan dengan madu untuk mengobati dan mencegah alergi.

7. Bawang putih

Bawang putih mengandung sifat antivirus sehingga dianggap sebagai salah satu obat yang paling efektif untuk menghilangkan alergi. Bawang putih mentah lebih efektif daripada yang dimasak, dengan mengkonsumsi 3 – 4 siung bawang putih yang dicampur dengan madu setiap hari untuk mencegah alergi.

8. Peppermint

Peppermint adalah dekongestan alami yang membantu mengurangi gejala-gejala infeksi virus dan alergi. Teh peppermint dapat membantu mengurangi masalah sinus dan membantu menyingkirkan batuk.

Tulisan ini disadur dari :
Red: Endah Hapsari
Source: oketips.com

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *