Apakah SEO itu

SEO (Search engine optimization) adalah suatu cara yang digunakan untuk menempatkan website atau blog anda pada peringkat teratas di search enggine (mesin pencari) seperti Google, Yahoo, Bing dlsb,

Ada berbagai macam trik seo yang digunakan, silahkan donlot Panduan Pemula Optimasi Mesin Penelusuran Google di link ini, yang saya donwnload dari google webmaster.

Ada beberapa macam aturan dan cara ber SEO yang aman, yang saya kutip dari google webmaster dikarenakan Meskipun banyak perusahaan SEO yang menawarkan layanannya kepada anda dengan iming-iming akan menjadi urutan pertama di mesin pencari, tapi perlu di cermati ada beberapa SEO yang tidak bertanggung jawab dengan tindakan pemasaran yang sangat agresif dan tindakan manipulasi terhadap hasil mesin telusur dengan cara-cara yang tidak adil.

Praktik-praktikĀ  yang melanggar aturan dapat menyebabkan penilaian negatif terhadap keberadaan situs Anda di Google, atau bahkan penghapusan situs Anda dari indeks mesin pencari.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Berhati-hatilah dengan perusahaan SEO dan konsultan atau agen web yang mengirimi Anda email yang tidak diharapkan.Dan yang mengejutkan, kami pun mendapatkan email spam ini:

    “Dear google.com,
    I visited your website and noticed that you are not listed in most of the major search engines and directories…”

    Reserve the same skepticism for unsolicited email about search engines as you do for “burn fat at night” diet pills or requests to help transfer funds from deposed dictators.

  • Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google.Hati-hatilah dengan SEO yang mengaku dapat menjamin peringkat, menyatakan “memiliki hubungan khusus” dengan Google, atau mengiklankan “pengiriman prioritas” ke Google. Tidak ada pengiriman prioritas untuk Google. Sebenarnya, satu-satunya cara mengirimkan situs ke Google langsung adalah melalui laman Add URL kami atau dengan mengirimkan peta situs dan Anda dapat melakukannya secara cuma-cuma.
  • Berhati-hatilah dengan perusahaan yang bersifat rahasia atau tidak memberitahu dengan jelas apa yang akan dilakukan.Mintalah penjelasan jika ada yang tidak jelas. Jika SEO membuat konten palsu atau yang tidak benar atas nama Anda, seperti laman doorway atau atau domain “throwaway”, situs Anda akan dihapus sepenuhnya dari indeks Google. Pada akhirnya, Anda bertanggung jawab atas tinfakan perusahaan yang Anda gunakan jasanya, jadi alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana mereka akan membantu Anda.
  • Anda tidak perlu memasang tautan ke SEO.Hindari SEO yang mengatakan tentang kekuatan tautan “gratis untuk semua”, rancangan popularitas tautan, atau mengirimkan situs Anda ke ribuan mesin telusur. Ini adalah praktik yang tidak berguna yang tidak mempengaruhi peringkat Anda dalam hasil telusur dari mesin telusur pada umumnya — setidaknya, tidak sesuai dengan harapan Anda.
  • Pilih sebijaksana mungkin.Jika Anda berencana memanfaatkan jasa SEO, sebaiknya lakukan beberapa riset tentang industri tersebut. Sudah tentu, Google adalah salah satu cara untuk melakukannya. Anda juga perlu membaca beberapa informasi peringatan yang ada di media masa, termasuk artikel ini tentang SEO yang cukup agresif: http://seattletimes.nwsource.com/html/businesstechnology/2002002970_nwbizbriefs12.html. Tanpa bermaksud mengomentari perusahaan tertentu, Google menemukan beberapa perusahaan yang mengaku sebagai SEO yang melakukan praktik yang tidak dapat diterima dalam bisnis ini. Berhati-hatilah.
  • Anda harus mengerti ke mana uang Anda mengalir.Sementara Google tidak pernah menjual peringkat yang lebih baik dalam hasil telusur kami, ada beberapa mesin telusur lain yang mengombinasikan hasil telusur pay-per-click atau pay-for-inclusion dengan hasil telusur web regulernya. Beberapa SEO menjanjikan akan memberi Anda peringkat tinggi dalam mesin telusur, tapi menempatkan Anda dalam bagian periklanan dan bukan dalam hasil telusur. Beberapa SEO bahkan mengubah harga tawarannya secara waktu nyata untuk menunjukkan seakan-akan mereka memiliki “kendali” atas mesin telusur lain dan dapat menempatkan dirinya sesuai keinginan. Tipuan ini tidak berpengaruh terhadap Google karena iklan kami berlabel jelas dan terpisah dari hasil telusur kami, tapi pastikan menanyakan kepada SEO tentang biaya untuk inklusi permanen dan yang digunakan untuk iklan sementara.
  • Penyalahgunaan apa yang paling sering ditemui pemilik situs web?
  • Salah satu penipuan yang umum adalah pembuatan domain “bayangan” yang mengarahkan pengguna ke suatu situs menggunakan pengalihan palsu. Domain bayangan ini sering kali adalah domain milik SEO yang mengaku bekerja atas nama klien. Akan tetapi, jika terjadi hubungan tidak baik, SEO akan mengarahkan domain ke situs lain, atau bahkan ke domain kompetitor. Jika itu terjadi, klien harus membayar untuk mengembangkan situs saingan yang dimiliki sepenuhnya oleh SEO.

    Praktik terlarang lainnya adalah memasang laman “doorway” yang dijejali kata kunci pada situs klien. SEO menjanjikan membuat laman lebih relevan dengan berbagai pencarian. Hal ini salah karena setiap laman jarang sekali relevan dengan kata kunci yang sangat banyak pilihannya. Tetapi, yang lebih berbahaya adalah bahwa laman doorway tersebut sering kali mengandung tautan berbahaya ke klien lain SEO juga. Laman doorway seperti itu dapat menguras popularitas tautan link suatu situs dan mengarahkannya ke SEO serta kliennya, yang dapat menjadikan situs ini tidak layak atau ilegal.

  • Hal lain apa yang perlu diwaspadai?
    • memiliki domain bayangan
    • memasang tautan ke klien lainnya pada laman doorway
    • menawarkan menjual kata kunci dalam bilah alamat
    • tidak membedakan antara hasil telusur aktual dan iklan yang muncul pada laman hasil telusur
    • menjamin peringkat, tapi Anda hanya mendapatkan frase kata kunci panjang dan tidak jelas
    • beroperasi dengan banyak alias atau info WHOIS palsu
    • mendapatkan trafik dari mesin telusur “palsu”, spyware, atau scumware
    • memiliki domain yang telah dihapus dari indeks Google atau tidak terdaftar dalam Google
    • meminta informasi account FTP Anda atau akses root ke server Anda
  • Ada beberapa tanda peringatan yang perlu Anda perhatikan dari SEO yang tidak bertanggung jawab. Daftar ini masuh jauh dari lengkap, jadi jika Anda ragu-ragu, percayalah pada naluri Anda. Sudah tentu, menjauhlah jika SEO:

    Jika Anda merasa ditipu oleh SEO, Anda dapat melaporkannya.




2 Comments

  • Ping-balik: Etika dan legalitas SEO
  • Ping-balik: Site Information Tool | ikhyar Blog
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *