29 September 2020

ikhyarBlog

Mozzarella Murah Makassar

Artisan bukan kelinci percobaan

Sebagian artisan gila atau kepepet menggunakan tubuhnya sebagai kelinci percobaan, teringat seperti di film spiderman seorang professor ahli genetika mencoba kloning tangan kanannya dengan dna kadal yang terinspirasi dari regenerasi ekor kadal.

Saya pun termasuk gila, tetapi tetap dalam koridor riset seperti kisah diatas, berawal dari diagnosa batu ginjal yang di rilis rumah sakit awal bros makassar, sebagian dokter menyarankan banyak minum dan menkonsumsi jamu batugin, sukses membuat saya stres karena dalam pemikiran saya bahwa sebagian besar pasien gagal ginjal ujungnya adalah yah tau sendiri (batu ginjal tidak sama dengan gagal ginjal).

Banyak baca ternyata batu ginjal bukan lah penyebab gagal ginjal tetapi bisa jadi menjadi pemicu, mengontrol kholesterol dan asam urat serta kesehatan pangkreas adalah inti penting, lalu saya mengingat apa kata bapakku mengenai organ vital manusia adalah: Jantung, liver, pangkreas, empedu, ginjal dan beberapa organ lain.

Berawal dari kisah tersebut, saya memberanikan diri sekaligus ber-Ikhtiar dengan kombucha, kenapa saya fokus terhadap kombucha bahkan sebagian artisan menganggap saya tidak mau move-on dari kombucha alasannya saya sudah jelaskan diatas yah.

Setelah 2 tahun sejak saya divonis batu ginjal, akhirnya saya kembali ke awalbros untuk cekup dan hasilnya sangat memuaskan batu ginjal nihil, senang dengan ikhtiar selama ini, ikhlas dan tetap berusaha membuahkan hasil. Seingat saya tidak terlalu agresif dalam konsumsi kombucha dengan selingan imbost (garlic honey) dan cuka apel.

Alhamdulillah, segala usaha tidak sia-sia, karena itu kenapa saya fokus dengan riset kombucha bukan untuk kesehatan sebenarnya tetapi fokus pada bagaimana mbudidayakan kombucha sudah sekitar 6 tahun saya tidak lepas dari kombucha, bahkan anakku yang bungsu yang masih berumur 5 tahun adalah partner menikmati kombucha ku didapur.