21 Oktober 2020

ikhyarBlog

Mozzarella Murah Makassar

Bekerja di rumah

Siapa bilang bekerja hanya bisa di kantor saja, di masa-masa sulit sekarang ini banyak orang yang mencoba beberapa peluang bisnis sederhana sampai yang wah dan berbagai aspek tentunya, saya tidak akan berbicara tentang bisnis-bisnis apa saja yang bagus, tetapi disini saya hanya akan membagi sebuah pengalaman saja tentang bisnis yang kurang laris tapi lumayan dicari orang.

Konsep bisnis yang akan saya paparkan adalah bisnis Rental / Jasa Pengetikan, sebenarnya bisnis sekarang di tekuni dan dilajutkan oleh istri saya, karena aktifitasnya kebanyakan dirumah 🙂 bisnis ini sebenarnya sangat tergantung dengan lokasi, jika lokasi tidak sesuai mungkin bisa menerapkan ambil order atau memasang iklan disekitar lokasi tertentu.

Lokasi yang sangat strategis adalah sekolah, kampus atau dekat dengan koskosan anak kuliahan, untuk memulai usaha jasa pengetikan/rental  ini memang dibutuhkan keterampilan minimal mengetik, dengan membiasakan mengetik setiap hari maka akan dengan mudah dan cepat menguasainya, serta di bantu oleh literatur seperti buku-buku yang dibeli di gramedia atau toko buku lainnya, tentang office aplikasi.

Modal Awal

Berbicara modal awal, kita pasti dihadapkan dengan biaya yang tidak sedikit, berikut contohnya.

1. Komputer

Untuk awal cukup 1 atau 2 buah komputer dengan asumsi 1 bisa digunakan mengerjakan pesanan ketikan dan 1 lagi digunakan untuk rental jika ada client kita yang hendak mengetik sendiri, harga komputer sangat bervariasi mungkin yang sederhana saja harga sekitar Rp. 2 s/d 4 juta rupiah sudah cukup untuk spesifikasi pengetikan dengan processor intel P4, dengan kelengkapan pendukungnya, mungkin lebih baik teman-teman bisa cari komputer bekas warnet pasti bisa dapat murah.

(kisaran pengeluaran : 4 juta)

2. Meja Komputer dan Kursi

Meja dan kursi cukup yang sederhana saja, kisaran harga meja komputer yang sederhana adalah Rp.250 ribu dan kursi pelastik sekitar Rp. 50 ribu.

(kisaran pengeluaran : 300 ribu x 2)

3. Printer

Kisaran harga printer lengkap dengan sistem infus sekitar Rp. 600 ribu, kenapa kita memakai sistem infus, dikarenakan kita akan sangat terbantu untuk mengurangi biaya pembelian tinta original, memang hal ini membuat umur printer menjadi singkat, tetapi dengan hasil printer itu bisa kita jadikan modal lagi untuk membeli printer baru, karena untuk memperbaiki printer jauh lebih mahal ketimbang membeli baru, ini adalah studi kasus yang telah saya alami sendiri selama 10 tahun lebih.

(kisaran pengeluaran : 600 ribu | kisaran pemasukan : print: 700 s/d 4000/lmbr )

4. Scanner

Terkadang alat imaging sangat kita butuhkan untuk mempermudah kita dalam mencopy gambar, tulisan atau foto ke dokument ketikan kita nantinya, scanner pun bisa menjadi bahan pemasukan tambahan kita nantinya

(kisaran pengeluaran : 600 ribu | kisaran pemasukan : print: 700 s/d 4000/lmbr )

Dari pemaparan modal awal yang saya jelaskan diatas adalah asumsi bahwa kita tidak usah menyewa tempat usaha cukup dirumah kita sendiri, tetapi yang perlu diketahui lagi adalah kelangsungan usaha kita, yaitu biaya listrik dan Kertas.

5. Listrik (PLN)

Pasti biaya pemakaian listrik kita akan bertambah dikarenakan ada tambahan beban komputer dan lain sebagainya, saya perkirakan akan ada tambahan listrik sebesar Rp100 s/d 150rb

(kisaran pengeluaran : 150 ribu)

6. Kertas

Kita akan sangat membutuhkan kertas yang berukuran A4, A4 s dan Folio F4 Harga kertas 1 rim berkisar Rp.60Rb

(kisaran pengeluaran : 60 ribu)

Mungkin pemaparan item-item diatas dirasa kurang, tetapi waktu saya memulai usaha, malahan lebih minim lagi, yaitu 1 komputer + 1 Printer + meja dan kursi cuman itu saja Alhamdulillah saya sudah bisa menjalankan usaha ini.

7. Internet

Oh iya ada satu lagi yang perlu kita lengkapi adalah internet, kegunaannya adalah sebagian klient kita membutuhkan data yang spesifik atau kita mendapatkan job yang lebih dari sekedar mengetik yaitu pengolahan atau membuat tugas tulisan, yang membutuhkan literatur yang banyak pula, internet adalah ladang kita mencari literatur dan refrensi tersebut, nah ketikan yang model ini sudah tentu harga nya lebih mahal donk, betul tidak (y).

Internet HSDPA mungkin bisa menjadi pilihan, modem HDPA harganya kisaran 300rb dan biaya internet perbulan sekitar 50 ribu, jika belum punya modal untuk internet bisa mengunakan jasa warnet untuk hal ini, dikarenakan kebutuhan internet kita tidak terus menerus, jika kita mebutuhkan saja

(kisaran pengeluaran : 350 ribu | kisaran pengeluaran internet : 50 rb /bulan )

8. Flash Disk

Tanpa kita sadari media penyimpanan yang portabel ternyata sangat kita butuhkan, untuk kasus-kasus copi data baik melalui internet atau antara komputer kita, karena kita tidak membuat koneksi LAN.

Diatas ini hanyalah sebagian trick menyiasati kehidupan yang serba sulit sekarang, maka teman-teman butuh mencari model bisnis yang lain lagi, ni hanyalah sebagian kecil contoh yang saya dan istri saya tekuni sampai sekarang, bahkan langganan kami saat ini bukan anak sekolahan tetapi dosen dan pegawai kantoran yang issu nya di kantor lagi penghematan tinta dan kertas 🙂 Alhamdulillah ini peluang loh.