28 September 2020

ikhyarBlog

Mozzarella Murah Makassar

Blogspot dibuang sayang

Adakah dari teman-teman sekalian yang mempunyai blog di blogspot.com atau blogger.com? pertanyaan yang agak meremehkan yah, sekarang kan jamannya wordpress! wow jangan salah coba tanya diri sendiri, pernah punya blogspot tidak, walau sudah jarang di update 🙂

Padahal, ini rahasia kita saja yah, antara Saya dan Kamu, pokok nya hanya kita berdua jangan bilang sama siapa-siapa ini RAHASIA!

Ngawur deh, saya sadar blog ini sudah jarang di update padahal bukan blogspot, yah sudahlah ini merupakan tulisan perdana di akhir bulan juni, hari ini tanggal 26 juni 2012 saya membuat tulisan yang berjudul Blogspot dibuang sayang!

Berawal dari iseng ngotak-ngatik DNS Record pada hosting (cpanel) saya berpikir apa sih fungsi dari lank-link-lunk berikut, ini hosting saya sewa $120 per tahun kok hanya untuk install-uninstall CMS, pasti ada sesuatu yang lebih, dan setelah tau cara ini sesuai judul di atas, saya merasakan $120 itu sudah membuat saya sakit perut 🙂

Mari kita berpikir dan merenung sejenak membaca tulisan ini sambil ngopi atau ngerokok lebih asik kalo ada sar’ba serta ubi goreng, begini… apa sih tujuan kita menyewa Hosting dengan harga yang mahal? toh tujuan utamanya adalah ngeblog! betul tidak sih? dan sadarkah kita cukup dengan beli hosting yang murah meriah super dumper atau domain saja kita tetap bisa ngeblog, Yup mari kita belajar sedikit rahasia tentang DNS Record (sudah siap kah?)

Begini ceritanya, secara default sebuah Hosting atau Domain mempunyai kemampuan untuk merubah data-data CNAME Records silahkan cari pada bagian DNS Zone Editor di cpanel, lalu masuk ke bagian ini, dan lakukan editing.

Gambar di atas ini memperlihatkan bagaimana cara mengedit CNAME Record, dalam kasus ini saya akan membuat subdomain blog health.bodydietplan.com yang akan saya pointing ke ghs.google.com yang merupakan Name Server Blogspot, silahkan add Record tersebut ke DNS Zone.

Segampang itukah? Terus apa yang harus saya lakukan lagi? jawabannya adalah ada step lagi, Analoginya adalah Domain sudah di pointing ke blogspot, tapi begitu banyaknya Blog yang di hosting oleh google, bagai cara agar bisa point ke alamat yang tepat, silahkan baca step berikutnya.

yang akan saya pointing adalah blogspot saya http://dd6244in.blogspot.com (beat beat street) nama blog ini adalah plat NoPol motor Honda Beat yang saya punya, motor butut tapi saya beli dengan membanting tulang sampai remuk terkoyak untuk cari duit demi bayar kriditan nya  di Adira 🙂  weits kok sampai disitu, lanjutannya mana.

Begini lanjutannya. Masuk ke Blogger.com, lalu pilih Tab Setting > Basic > Publishing isikan alamat blog “health.bodydietplan.com” pada bagian Alamatnya, dan akan ada langkah verivied, dan tunggu beberapa menit proses sinkronisasi DNS, lalu cobalah akses alamat baru tersebut.

Sekarang Blog yang berada di blogger.com (blogspot) tidak usah diabaikan lagi kan 🙂