client tidak bisa mapping ke windows 2003 server

Baru saja saya di ping di  BlackBerry® oleh tman ku, menanyakan tentang windows 2003 server, kebetulan hari ini dia sedang peremajaan alias Roll out bank mandiri.

Nah masuk ke pokok permasalahan, server lama telah di ganti dengan yang baru, restore data base Dan join domain ke core sudah berhasil, giliran client hendak update patch bds Dan maping ke server Ada pesan “The trust relationship between this workstation and primary domain failed”

Melihat dari gaya bahasa error nya saya mengambil keputusan Ada masalah pada saat join domain, nah saya bertanya sekali lagi, “Apakah server lama sudah di disjoin? Belum, itu jawabnya.

Betul letak masalahnya dibagian ini, Mari kita mendeskripsikan ulang permasalahannya.

Server lama dalam keadaan join domain, lalu diganti dengan server baru, lalu dilakukan join domain, syarat peremajaan suatu perangkat it adalah, nama, IP, data dll harus sama persis dengan yang lama, apakah join domain pada server baru berhasil? Jawabnya berhasil, loh kok bisa, silahkan lakukan sendiri 😛

Alasan yang paling kuat knapa error ini terjadi, adalah server domain controller mendapatkan request join domain dengan nama beserta IP yang sama pada core yang sama pula, sehingga membuat server kebingungan, istilah yang sering kami katakan domain gantung :=)) soalnya apa lagi gitu loh.

Nah solusinya disjoin server baru, Dan kemudian join domain lagi, jadi seakan-akan connection yang lama di putus dulu lalu dibuat connection baru… Langkah ini berhasil.

Permasalahan solved, done.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *