29 September 2020

ikhyarBlog

Mozzarella Murah Makassar

HTML

Pengertian HTML

HTML adalah ke pendekan dari Hyper Text Markup Language, sebuah bahasa pemrograman markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, HTML merupakan salah satu bahasa pemrograman dasar untuk menampilkan berbagai informasi pada Penjelajah web Internet atau browser dalam format hypertext sederhana dalam berkas format ASCII. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata (teks editor) dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML.

Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaan nya oleh World Wide Web Consortium (W3C).


Sejarah HTML

HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989, CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa

  1. Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Langiage, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistem nya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.
  2. Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi ( ISO 8879 ) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaituSGML ( Standard Generalized Markup Language ).

Belajar HTML

Untuk belajar HTML sangatlah mudah, karena banyak teks editor sudah mendukung bahasa pemrograman ini, seperti NotePad(Microsoft), Gedit, Kedit, vim dll(linux), HTML dapat di terapkan pada server side maupun client side. Ekstensi berkas teks nya adalah    .html atau .htm .XHTML, Standar terakhir dari HTML dengan versi W3C HTML 4.01 dengan terus berkembangnya HTML ini sehingga masa pengembangan dan uji coba W3C HTML 5.

Contoh HTML

Dibawah ini adalah kode-kode HTML dasar yang membentuk sebuah halaman web yang dapat di lihat dan diterjemahkan oleh web browser.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Selamat belajar HTML</title>
</head>
<body>
<p>Nama saya eko ikhyar</p>
</body>
</html>

Cara membuat HTML

Kode HTML atau Tag HTML

1 <!DOCTYPE html> “Tag ini adalah untuk memberitahukan bahwa dokumen ini adalah html, hanya untuk memberitahukan atau sebagai informasi saja”
2 <html> “Tag ini adalah pembukaan atau yang memulai sebiah pemrograman HTML, semua yang berada di lingkup tag ini adalah bahasa HTML yang akan dikenali oleh web browser”
3 <head> “Tag ini adalah awal dari head, di head biasanya di simpan informasi pengenal mengenai meta data sebuah halaman web”
4 <title>Selamat belajar HTML</title> “Tag tytle merupakan pengenal pada setiap halaman web, semua yang di apit oleh tag ini akan di tampilkan pada bar browser”
5 </head> “Tag ini merupakan penutup heading”
6 <body> “Tag pembuka kontent, semua informasi yang berada di antara tag ini, adalah isi kontent dari halaman web”
7 <p>Nama saya eko ikhyar</p> ” salah satu contoh isi dari halaman web yang di apit oleh tag body, maka semua nya akan di terjemahkan sebagai kontent pada web browser”
8 </body> “Tag penutup body”
9 </html> “Tag penutup HTML, merupakan akhir dari programan HTML pada halaman web tersebut”