Indonesia Merdeka

17 adalah angka ke 18 jika kita mulai dari 0 “Nol” ingat selalu pastikan mulai dari Nol walau selalu akan diingatkan oleh mba^2 atau mas^2 nya. 70 tahun sungguh belum pantas untuk menjadikan patokan kedewasaan sebuah negara, tetapi ingatlah bahwa negara kita Indonesia terangkai dari banyak negara (kerajaan kala itu) Makassar contohnya 400 tahun lebih, bahkan Konawe yang berada dibagian tenggara pulau sulawesi sudah ada sejak abad ke-4, Luwu mungkin lebih lama lagi, jadi pertanyaannya apakah negara ini beserta manusia yang ada didalamnya belum dewasa? Sudah! Indonesia adalah Negara yang paling dewasa dari negara-negara lainnya, berbagai macam tata negara dan cara bernegara bahkan pandangan politik diterapkan di Indonesia, tidak ada satu negara pun didunia ini yang berani trial error sebuah pandangan politik selain Indonesia, bahkan menciptakan istilah politik praktis hanya di Indonesia, belum pernah ada negara didunia ini yang menerapkan pandangan politik dan tata politik dari 50an lebih di satu pemilu, dari segi pengalaman Indonesia-lah negara yang paling mapan.
Kemerdekaan tidak lah serta merta didapatkan dari perjuangan rakyat Indonesia, konon bahwa negara kita harus membayar penalti ke kerajaan belanda karena kita merdeka, loh kok bisa? Kan negara kita yang di jajah, seharusnya kita yang minta ganti rugi. (Saya baca disini : http://www.kompasiana.com/estherlima/ternyata-indonesia-bayar-4-3-milyar-guilder-agar-merdeka_55281aa7f17e6157188b45a9).
Kalau dipikir ada betulnya juga, bahwa Indonesia adalah negara bagian Belanda, karena Indonesia ingin merdeka sehingga Belanda menganggap sikap itu adalah pemberontakan sehingga Belanda melancarkan agresi ke Indonesia, Ah sudah lah itu adalah bagian dari sejarah, Dirgahayu Republik Indonesia.