Kebutuhan akan Internet

Blogging

Menurut riset pribadi saya, bahwa kebutuhan akan internet pada seseorang dibagi tiga bagian,

Bagian yang pertama adalah, Internet sebagai tempat bertanya

Sebagian dari mereka justru lebih percaya bertanya kepada mesin pencari dari pada bertanya kepada rekan yang berada di sampingnya, karena fakta telah membuktikan bahwa segala permasalahan yang serupa dengan dirinya mungkin pernah di alami oleh orang lain juga. Kenapa internet? sebuah alam maya tapi real secara harfiah, dan memang betul-betul real layaknya dunia nyata, tidak ada batasan dalam berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung di Media Sosial Internet yang akan saya bahas di akhir tulisan ini.

Dibawah ini hanya sebuah studi kasus, hanya sebuah pengalaman pribadi, mengenai penyalah gunaan fungsi mesin pencari:

Ada seorang anak sekolah dasar datang kepada saya dan bertanya, om ada tugas sekolah ku? dia pun memberikan saya sebuah buku tulis yang di halamannya terdapat poin-poin yang menjadi tugas sekolah nya, sayapun bertanya balik kepada anak itu, kenapa tugas kayak begini disuruh bikin sama guru mu? Apakah gurumu sudah menjelaskan nya? Sudah jawabnya, Kenapa harus di bikin makalah yang di ketik komputer? Tidak tau!.

Saya pun berpikir, apakah beberapa tenaga pengajar kita alias Guru yang nota bene adalah tenaga pendidik yang mempunyai sertifikasi mengajar atau honorer justru memberikan tugas untuk membuat artikel yang menurut ku itu bukan porsi dari seorang siswa.

Tugas seorang guru justru/seharusnya menjelasakan kepada siswa nya tentang point point tersebut dan semestinya guru cukup memberikan penjelasan singkat atau panjang, lalu sang murid menyerap nya dengan cara mengingat atau menulis di buku tulis mereka mengenai pemahaman mereka terhadap apa yang di jelaskan oleh guru tersebut.

Jika terpakasa harus membuat tugas PR (Pekerjaan Rumah) cukup mereka menuliskan di buku tulis PR, bukan bikin makalah yang di print di kertas A4 dengan format 4-4-2-2 mereka adalah Murid/Siswa bukan Mahasiswa.

Di usia seperti mereka seharus nya masa pembentukan pemikiran dan pemahaman, tentang menyelesaikan permasalah mereka, tidak sedikit dari sebagian murid membuat makalah dengan memanfaatkan mesin pencari di internet bukan untuk bertanya atau mencari refrensi tetapi justru mengunduh atau meng-copy-paste artikel atau blog yang sudah ada tanpa melakukan editing terhadap artikel tersebut, tidak ada proses pembelajaran minimal membaca kembali artikel yang mereka dapatkan yang justru akan memperburuk tata cara system pendidikan kita.

Sebagian dari mereka akan mencari jalan pintas melalui jasa-jasa pengetikan atau warnet jika mempunyai uang dan menerima tugas mereka sudah siap untuk di kumpulkan ke guru mereka, Justru hal tersebut sangat jelas akan membuat mereka menjadi pemalas. Bagai mana jika tidak punya uang?

Bagian yang kedua adalah internet dan promosi

Saya sangat setuju, dengan adanya internet sangat membantu para pebisnis meraup keuntungan dengan internet, walau pada hakekat nya internet bukan segala-galanya. Mungkin sudah tidak asing lagi sebuah istilah kantor virtual, bank virtual, toko virtual dan lain sebagainya.

Ada sebuah jasa kantor virtual di jakarta, mereka mempunyai service yang sangat handal, dan mempunyai tenaga kerja yang profesional, dilengkapi dengan telepon hunting bahkan jika membutuhkan ruang rapat untuk offline, saya tidak kebayang begitu profesionalnya mereka melayani pelanggan sebuah perusahaan X misalnya sedangkan sang pelanggan tidak tahu kalau sebenarnya mereka sedang dilayani oleh tenaga profesional kantor virtual, Jadi seakan akan bahwa itulah perusahaan X.

Sama halnya dengan Toko Online, di Indonesia sedang maraknya bisnis yang berkonsep online, seorang pengusaha tidak memerluka lagi sebuah Show Room cukup memajang barang-barang mereka di halaman web, bahkan penyedia jasa toko online atau wholesale yang sudah sangat profesional dan mendunia seperti ebay, di indonesia sebut saja Toko Bagus dll, mungkin bisa terbayang di benak kita semua, sebenarnya kita hidup di dunia nyata atau dunia maya?

Bukan hanya itu, setiap hari sebagian orang ber-transaksi keuangan mereka di bank-bank konvensional, pernahkah terbayang akan sebuah Bank Online? Yah benar, sebut saja Paypal, sebuah jasa perbankan dari ebay, konsep kerjanya sangat sederhana, sama dengan bank konvensional, cukup daftarkan account lalu register kartu kredit dan siaplah untuk bertransaksi, paypal juga mempunyai laporan keuangan untuk Anda. Amankah? Pertanyaan yang semua orang akan pertanyakan, cara kerja paypal adalah mengkonversi kartu kredit ke rekening paypal, setiap transaksi akan di kreditkan ke kartu kredit, jadi informasi kartu kredit akan aman karena tidak ada informasi kartu kredit yang muncul di paypal, seumpama paypal anda dibajak? cukup kirim email ke paypal maka semua transaksi akan dibatalkan serta uang Anda akan dikembalikan, Fair.

Bagian ketiga adalah sebagai sosial media dan blog

Sadarkah? dengan hadirnya sosial media sangat membantu untuk mempererat pertemanan maya, jangan beranggapan karena berteman di dunia maya maka semua kegiatan hanya di dunia maya, tidak sedikit sebagian dari mereka justru keakraban di dunia maya sama akrabnya di dunia nyata, sebut saja KOPDAR, banyak komunitas maya berbasis sosial media dan blogger yang tumbuh seperti twitter, plurk, linkedin, facebook, blog dll

Sosial Media dan Blog merupakan sebuah aktivitas primer Internet disamping e-mail, sudah menjadi kebutuhan setiap individu akan jejaring sosial, cepatnya akses informasi berantai mulai dari HOAX sampai yang asli Urgen, bisa di salurkan di sosial media, walau terkadang tidak bisa di pungkiri berita bohong tetap lah ada.

Sasaran kekuatan internet sebagai media promosi adalah Sosial Media, walau sebagian orang merasa terganggu dengan segala pernak pernik promosi di media sosial, tapi sebagian orang merasa terbantu untuk menemukan kebutuhan atau sebuah jasa yang tepat melaui sosial media, dan faktanya sosial media menjadi lahan promosi dan bahkan ada yang siap membayar mahal demi satu buah akun twitter atau facebook.

2 thoughts on “Kebutuhan akan Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.