Site Overlay

Keunikan dan peran warna di kehidupan

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keempat.

Teringat sewaktu masih di bangku sekolah teknik menengah dulu, pak guru pernah menjelaskan bahwa warna-warna yang tampak saat kita lihat akan mewakili frequensi yang berbeda-beda, kami pun tidak percaya serta merta dan akhirnya pak guru mengambilkan kami sebuah alat peraga Raster yaitu sebuah “Electron Gun” yaitu sebuah senapan elektron, bentuknya tidak menyerupai senjata betulan sih hanya sebuah kabel elektroda yang terdiri dari 3 buah senapan yang masing mewakili warna Merah, Hijau, Biru dengan frequensi yang berbeda-beda pula.

Kata guru ku hati-hati karena tegangan Horizontal dari elektroda tersebut adalah 20 KV yah benar Dua Puluh Kilo Volt. langsung lah nyali kami menciut, pak guru mengambil sebuah gelas bening lalu memasukkan sebuah jarum dan ke tiga elektroda tersebut kedalam nya dan menghidupkan alat peraga sejenak kami tersentak menyaksikan 3 buah senapan menembak jarum secara beruntun tersebut sungguh pemandangan yang mengerikan. Pak guru kami pun menjelaskan begitulah proses pembentukan warna yang kita lihat di Televisi.

Mari kita lewatkan saja kisah jadul di atas 😀  seorang kawan Fedora Project’s Japan & Maryland Ambassador memberi catatan di setiap email nya “10 people 10 colors, Different strokes for different folks” sangat-sangat dalam maknanya, setuju… Warna lah yang membuat semua berbeda, karena perbedaan itulah sehingga membuatnya menjadi indah, warna pun bisa mewakili kisah dan perasaan bahkan jiwa seseorang.

Piccaso

Gambar Picasso berikut apa indahnya jika di lihat bahkan di jual dengan harga ratusan juta, kalau melihat lomba mewarnai anak-anak TK Almarkaz masih lebih bagus  :mads tapi sudut pandang semua orang berbeda-beda, orang yang berjiwa seni tinggi akan melihat karya ini adalah karya jenius, estetika nya adalah manusia mempunyai 2 buah mata 1 hidung 1 mulut, terserah mau di letakkan di mana itu mata atau hidung yang jelas bahwa hakikatnya sudah mewakili semua. Bahkan dengan paduan warna yang rame membuat gambar ini makin indah, lama kelamaan kok saya jadi pusing yah :ngakaks.

Taare Zameen Par 2007

Mungkin ada yang mengenal lukisan berikut, Film yang hadir di tahun 2007 film India yang ber judul “Taare Zameen Par” seorang anak yang bernama Ishaan, anak yang berbeda dari yang lainnya, karena perbedaannya itu orang tua nya mengirim anak tersebut ke sekolah khusus karena di anggap kelainan jiwa, anak ini dapat meng-interpretasikan angka-angka bahkan warna-warna seakan warna dan angka tersebut hidup, membuat hayalannya menjadi keinginan yang nyata.

Seperti pada awal tulisan ini menjelaskan bahwa warna lah yang membuat semua berbeda, dan perbedaan itulah yang membuatnya menjadi indah. Jadi jangan memilih warna apa yang harus kita miliki tetapi bagai mana warna itu berpadu sehingga terbentuklah satu warna baru dari perpaduannya sehingga mereka dapat berbeda dari yang lainnya.

Jika harus memilih warna maka Biru Laut lah yang sreg di hatiku, dengan kode warna: #000080, kode RGB: 0 0 128, kode CMYK: 255, 255, 0, 127. Setiap perubahan nilai-nilai tersebut akan memiliki arti dan komposisi terhadap warna tersebut, ibaratnya seorang tukang cat atau pelukis yang menggunakan media cat yang mencampur beberapa cat dasar, beda beberapa “cc” saja akan merubah tampilan warna tersebut. silahkan mencoba nya maka temukanlah keaneka ragaman warna yang bisa di hasilkan dari proses pencampuran tersebut.  

sekian blog ini, untuk kedepannya di 8 Minggu Ngeblog saya minta ijin untuk tidak mengikuti beberapa minggu mungkinnya, di karenakan sesuatu hal yang sangat serius saya hadapi di dunia nyata saat ini 😀 keep Blogging Semangat

:kts:

2 thoughts on “Keunikan dan peran warna di kehidupan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.