Kreasi fermentis garlic

image

Garlic

sumber foto: fermentasi garlic dari mba rineka dewi alus

Garlic (Bawang putih) dipercaya memiliki kandungan probiotik yang sangat bagus buat kesehatan, variasi pengawetan atau fermentasi dari garlic ini sangat banyak, terlihat di gambar diatas adalah bawang putih tunggal sangat banyak dijumpai dipasaran, jika tidak bisa mendapatkannya gunakanlah garlic biasa saja sudah cukup.

image

sumber foto : fermentasi dari om arie

toni

Membut fermentasi garlic sebenarnya sangat mudah, cukup melakukan standar fermentis saja yaitu menggunakan garam dan cuka, diketahui fungsi garam disini adalah untuk mengurai senyawa dari sayuran atau buah, sehingga vitamin dan probiotik terurai.

Nah saya lebih suka mencampurkan kultur sebenarnya karena proses fermentasi akan lebih cepat dikarenakan sudah tersedia bakteri pengurai jadi mempersingkat waktu, dan rasanya pun khas, saya menggunakan kultur kombuca atau menggunakan cuka apel akan lebih nikmat jika menggunakan JUN kultur untuk mendapatkan sensasi yang berbeda, kreasi sangat dibutuhkan dalam fermentis.

Buat teman-teman yang ingin belajar fermentasi sendiri dirumah, cukup mengikuti resep kecil berikut:

Bahan:
* 5-10 siung garlic (bawang putih) tunggal atau yang biasa
* Kombucha kultur/cuka apel/madu
* Toples/wadah kaca

Cara buat:
Siapkan wadah kaca, tuangkan kultur, bisa madu saja atau JUN atau Cuka apel atau Kombucha terserah saja yang mana disukai, atau kalau mau air garam saja boleh kok kalau suka  😂Sisakan beberapa ruang kosong pada wadah kaca untuk sirkulasi udara, lalu tutup rapat wadah kaca dan simpan selama 2 minggu sampai1 bulan minimal.

Khasiat dari ramuan ini adalah sebagai immune booster, bawang putih dan madu sendiri dipercaya mempunyai kandungan yg baik untuk kesehatan

okeh, selamat berkreasi, thanks mba rineka dan mas toni atas bimbingannya mengenai fermentasi bawang atau garlic, teteup hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat.




2 Comments

  • It cuka apel nya di masukin semua ap setengah nya aj mas dengan 5 siung bawang putih, makasih mohon jawaban nya, slm kenal dari fino

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *