Flash back masa hidup

Mengulang sks perkuliahan adalah kesempatan memperbaiki nilai hasil akhir sebuah mata kuliah, ulang tahun seyogyanya adalah kesempatan mengulang kembali coba-cobaan yang belum diperbaiki.

Hari ini saya ganjil genap berusia Tiga Enam tahun, tak terasa semasa dipangkuan ibunda dan panda saya ditimang, dibelai, penuh dengan kasih sayang, bahkan sampai detik ini pun kasih orang tua tak pernah putus, dikala saya sakit atau kesusahan saya pasti kembali ke pangkuan mereka.
Sudah 36 tahun pula kakek, ayah dari ayahku berpulang kepangkuan ilahi, sedikit cerita tentang kakek Sujud Chudasih, beliau meninggal bertepatan dengan hari kelahiranku, ayahku berangkat ke ujungpandang (Makassar) untuk mengikuti prosesi pemakaman kakek di pemakaman umum panaikang, pada saat itu pula di sore harinya di kolaka tepatnya di desa balandete saya lahir tanpa di saksikan oleh ayah, duka bercampur suka, rasa duka yang mendalam keluarga terobati dengan kelahiranku, sehingga saya pun dijuluki titisan atau rehinkarnasi maklum keluarga kejawen masih percaya dengan istilah titisan.
Semasa kecil perlakuan saya tidak jauh beda dengan anak-anak lain dikampung, balapan sepeda, mandi di sungai, cari udang disungai, panjat pohon lobe-lobe, patte burung cui-cui, bahkan turunkan pembatas mesjid dikala orang lagi shalat 😀 sungguh bukan perbuatan terpuji, tapi itulah masa kecil saya, yang sangat jauh dari kata tidak bahagia. Mari kita bandingkan dengan anak-anak sekarang, mereka hanya bisa bermain di gadget.
Merantau ke makassar adalah pilihan terbaik saya kala itu, setelah menyelesaikan sekolah teknik menengah di kendari yang berkonsentrasi di teknik elektro, saya mencoba peruntungan tuk masuk ke salah satu universitas swasta muslim saat itu, saya tidak ingin ikut UMPTN karena saya sadar diri bahwa STM kala itu bukan tandingan tuk berkompetisi di kancah universitas.Tapi lain kata lain perbuatan orang tua berkata lain dan mencoba menghubungi kawan nya yang seorang dosen di UNHAS dan menyarankan saya masuk ke Ekstensi yang baru berumur jagung, waktu itu saya angkatan tahun ke 5.
Singkat cerita saya menyelesaikan pendidikan dengan gelar Sarjana Teknik, ada yang bilang Sarjana Tonji. Suatu kesyukuran kala itu saya bertemu dengan seorang gadis cantik di kampus yang saya persunting tuk menjadi pendamping hidup, 3 orang anak laki-laki menghiasi rumah tangga kami.
Kutu loncat julukan diriku, tak ada pekerjaan tetap di 5 perusahaan selama 13 tahun malang melintang sistem negara yang memaksakan saya tuk menjadi budak di tanah air sendiri, dan akhirnya menjadi pengangguran juga. Hanya doa yang bisa terucap di hari kelahiran, semoga esok ada rencana besar yang akan menghampiri saya, Amin…

Tatkala Revolusi-mental menuju Mentalis

Owyeahhh… netizen rame bahas tentang Revolusi mental, dalam bahasa jawa “mental” itu terplanting, sing mental, kuwi sing kliru tafsire *gubrag.
Yah gag usah di bully-lah, mikir positif ajah, bukan masalah kontent dan desain yang membuat geli sebenarnya, tapi hostingnya iku piye toh, sampe gag kuat gitu, ini web berkontent negarawan lah kok bgitu, saya rasa biayanya pun pasti banyak nol nya, maksudnya nol nya berderet. Yah sudah cukup satu paragraf saja curhatan ini, saya mau tidur sudah jam 1:30 menjelang dini hari.

Indonesia Merdeka

17 adalah angka ke 18 jika kita mulai dari 0 “Nol” ingat selalu pastikan mulai dari Nol walau selalu akan diingatkan oleh mba^2 atau mas^2 nya. 70 tahun sungguh belum pantas untuk menjadikan patokan kedewasaan sebuah negara, tetapi ingatlah bahwa negara kita Indonesia terangkai dari banyak negara (kerajaan kala itu) Makassar contohnya 400 tahun lebih, bahkan Konawe yang berada dibagian tenggara pulau sulawesi sudah ada sejak abad ke-4, Luwu mungkin lebih lama lagi, jadi pertanyaannya apakah negara ini beserta manusia yang ada didalamnya belum dewasa? Sudah! Indonesia adalah Negara yang paling dewasa dari negara-negara lainnya, berbagai macam tata negara dan cara bernegara bahkan pandangan politik diterapkan di Indonesia, tidak ada satu negara pun didunia ini yang berani trial error sebuah pandangan politik selain Indonesia, bahkan menciptakan istilah politik praktis hanya di Indonesia, belum pernah ada negara didunia ini yang menerapkan pandangan politik dan tata politik dari 50an lebih di satu pemilu, dari segi pengalaman Indonesia-lah negara yang paling mapan.
Kemerdekaan tidak lah serta merta didapatkan dari perjuangan rakyat Indonesia, konon bahwa negara kita harus membayar penalti ke kerajaan belanda karena kita merdeka, loh kok bisa? Kan negara kita yang di jajah, seharusnya kita yang minta ganti rugi. (Saya baca disini : http://www.kompasiana.com/estherlima/ternyata-indonesia-bayar-4-3-milyar-guilder-agar-merdeka_55281aa7f17e6157188b45a9).
Kalau dipikir ada betulnya juga, bahwa Indonesia adalah negara bagian Belanda, karena Indonesia ingin merdeka sehingga Belanda menganggap sikap itu adalah pemberontakan sehingga Belanda melancarkan agresi ke Indonesia, Ah sudah lah itu adalah bagian dari sejarah, Dirgahayu Republik Indonesia.

Dirgahayu RI

Kemerdekaan adalah hak bagi seluruh rakyat indonesia

Merayakan kemerdekaan Indonesia biasanya di tandai dengan upacara bendera, pengibaran sang saka merah putih, detik-detik proklamasi dan lain sebagainnya. Karena sudah lupa prosesinya dan samar samar masih teringat dibenak jaman masih sekolah dulu, karena upacara bendera sudah tidak dilakukan di instansi non-pemerintah seperti kantor sewa-sta dan khususnya pengangguran :p .
Waktu masih dibandung dulu, saya sering bertanya untuk di ceritakan oleh eyang yang dulunya adalah pejuang 45 dan bagian dari tentara siliwangi, pernah ikut membebaskan irian barat, sepintas cerita tersebut seperti dongeng dan kisah kapten amerika yang heroik itu, bahkan eyang pernah berperang dimakassar tuk merebut lapangan udara yang sekarang adalah Lanud Hasanuddin, sewaktu menyisir sungai tello untuk ke mandai, tidak melewati jalur darat karena bahaya banyak tentara belanda, pas di sekitar tello yang katanya sekarang jadi PLTU, ada sekitar dua batalion di berondong oleh belanda, yang hidup waktu itu hanya tinggal beberapa orang saja, sambil tertawa dan batuk batuk sangat jelas diraut wajah eyang wajah-wajah kawan yang ia kubur katanya, membutuhkan waktu 2 hari 2 malam tanpa istirahat, lokasi pekuburan pas di sekitar sungai tello tapi sy tidak tau dimana lokasi yang di maksud eyang.
Sekilas seperti cerita dongeng saja tetapi itu kejadian nyata, sayapun bertanya kepada eyang, jadi eyang waktu itu sudah membunuh berapa orang musuh, eyang ku pun hanya tersenyum dan berkata ada yg di bedil ada yang di sangkur dll, ih serem sekali, tapi itulah duka masa penjajahan sewaktu para pejuang kemerdekaan merebut kemerdekaan walau nyawa taruhannya, tak ada arti sebuah nyawa kalau dijajah, di dinding rumah eyang banyak tergantung penghargaan, segelintir saya pun bertanya tetang pak Harto dan Kahar musakkar, pak harto sering berdiskusi dengannya katanya pemimpin yang tegas dan berbaur dengan bawahannya, itu yang eyang katakan, sewaktu di tugaskan tuk menangkap pak kahar musakkar pun eyang bercerita sering bertemu dengan kahar bahkan pernah di tangkap oleh pasukan kahar tetapi karena eyang berkawan dengan kahar akhirnya dia hanya bercerita sambil bercengkrama katanya lalu dia balik lagi ke batalionnya, masa lalu katanya 🙂

Kalo merasa masih di jajah apa pantas dikata merdeka, ups.. Bukan urusan saya, sekali merdeka tetap merdeka, selama hayat masih dikandung badan tidak ada kata menyerah, move on broh.
Tradisi 17an kalo gag ada lomba gag afdol, noleh samping kiri dan kanan tetangga lorong sudah pada meriah, pernak-pernik 17an sudah lebih dulu nangkring disana sini demi menyambut hari kemerdekaan.
Saat ini menyikapi kemerdekaan bukan berjuang dengan senjata dan bambu runcing lagi tuk mempertahankan kemerdekaan, padahal kala itu proklamasi sudah di kumandangkan, menyatakan pada dunia bahwa indonesia telah merdeka, saat ini tetap saja merasa di jajah, padahal proklamasi ditiap upacara 17an di kumandangkan.
Sekali lagi bukan urusan saya, penjajahan akan tetap ada dimuka bumi khatulistiwa ini sampai kapanpun, berbagai macam kepentingan memaksakan kehendak penjajahan apapun caranya.
Jika ingin merdeka, maka merdekalah, buatlah kemerdekaanmu sendiri di hari kemerdekaan ini, Dirgahayu Republik Indonesia.

cita-cita Nyokap

Dulu saya mempunyai cita-cita setinggi langit bahkan dihitung-hitung sampai kenegeri cina, pengen punya situs yang “pertemanan SEO” dan ujung-ujung nya bisa meraup penghasilan tambahan lewat internet “katanya sih” tetapi susah nya naujubileh seperti disaat kita lagi naik motor tiba-tiba motor berhenti entah ngambek atau apalah, langsung berenti saja, trus kamu dengan sok pahlawannya kebagian depan dan membuka penutup kap depan sambil tolak pinggang dan geleng-geleng, eh buset ini motor bukan mobil 😛 Yah seperti itulah kira-kira sok menjad pakar optimasier mesin pencari
Kemarin sempat di nasehatin nyokap, ko’ kata adikmu kenapa kamu tidak bikin itu yang bisa dapat uang di internet, ibu tidak tau apa namanya, monetize atau adsense atau OLShop bu? tanya saya balik ke nyokap, mana saya tau pokoknya bisa dapat dollar katanya. Huft… Dipikiran orang dapat dollar di intrenet itu gampang, kudu jadi Ninja dulu kayak (yg beri tumpangan ikhyar.com ini :v colek mas Yan) semoga mas Yan gag baca tulisan ini hahaha. Kalo mas Yan itu nargetin monetize tidak nanggung2 langsung trafik tinggi di optimize sampe over size 🙂
Perkara dapat uang di internet itu bukan hal mudah, apalagi dengan masalah optimize atau pun AGC, duh AGC song saya sj sudah di banned sama pengelola hosting tak ada suaka lagi, cape deh.
Semoga nanti bisa dapat uang dari internet biar nyokap gag marah2 krena anaknya ini pengangguran 🙂 #nasib

Temukan di balik tutup botol

Jenggot, rambut, kumis sudah gondrong, kapan di cukur? jangan bilang ikut waiting list yah  :hammers  cuman sekedar ikut budaya tahallul padahal arti harfiahnya adalah dihalalkan, dalam haji dan umrah maksudnya adalah diperbolehkannya jamaah haji dari larangan atau pantangan ihram. Tahallul disimbolkan dengan mencukur minimal tiga helai rambut, tuh tiga helai loh kalau saya mah mending di habisin saja biar gagah gituh minimal mirip vin disel lah (pitak).

Hari ini sudah teguk tiga botol Florida Orange semoga tidak over dosis, ada tulisan temukan di balik tutup botol harapan pas buka tutup botol keluar mobil gitu kayak songoku lempar kapsul trus kluar pesawat, rumah dan lain-lain, kren yah.

Ngomong-ngomong tentang Florida Orange (goku nanti saja lah bahas nya) sebotol itu takar sajinya 300 ml (artinya saya sudah tegak 900 ml) mempunyai energi total 150 Kkal per kemasan, jangan kawatir minuman ini bebas dari lemak dan protein sangat bagus buat kamu-kamu yang lagi mem-programkan diet, Memiliki kandungan Karbohidrat dan gula 37 gram kira-kira 12% dari AKG (Angka Kecukupan Gizi)  dari 2000 Kkl, merupakan nilai rata-rata saja karena kebutuhan energi kita mungkin bisa lebih atau kurang dari nilai tersebut, hanya yang membuat saya agag ragu disitu ada tulisan Di Produksi Oleh Wings Food, yang ada dalam bayangan saya bahwa minuman ini mungkin ber aroma Sabun Colek Wings, atau mungkin sisa-sisa perasan jeruk nya di jadi kan sabun karena bulir-bulir nya sudah di  masukkan ke Florida Orange ini  :takuts kok jadi serem gitu yah.

Membuka lembaran baru

Kisah selalu menjadi bahan yang menarik untuk diceritakan, begitu pula cerita akan sangat menarik dikisahkan disuatu hari kelak. Saya pun tidak malu mengakui diri dikurun waktu tahun ini JKT48 telah berhasil mengubah cara pandang hidup sebagian orang. Seakan saya pun tidak mau pusing dengan segala cercah mengenai diriku ini, “ingat umur om eko”, “gag malu idolain anak muda”, dan lain sebagai nya.

Sudah cukuplah umur ini menjadi semakin tua, tapi tidak dengan hati ku, sebagian orang mengatakan kreatif itu di masa muda, masa muda adalah dimana seseorang memiliki segudang ide, No.. no.. bukan itu maksud ku, tapi benar juga bahwa di masa tua seseorang akan mengalami penurunan kualitas, cuman mereka yang berjiwa muda dan mempunyai sudut pandang muda dan berkembang lah yang bisa bertahan.

Saya sangat serius kawan, saya ini JKT48 Fans  :matabelo:   (WOTA) iyah.. bener idol grup yang terdiri dari 51 cewek muda dan enerjik, “Joyful Kawaii Try to be the best”

Yah sudah, Mari kita sambut bulan penuh berkah ini, Selamat menyambut bulan haji, semoga jamaah haji pulang ke tanah air dengan selamat dan sehat wal afiat, tentunya menjadi haji yang mabrur, Amin ya Rabbal alamin

MILAD

Salamakki mattemu taung, mammuare’i nasilennereng maneng minasatta. Naesseriwi pammase fuang seuwwae, natamatajang sining laleng lolangengta. Naesseriwi adisingeng, umuru malampee nennia sempo dalle. (Bahasa Bugis)

Selamat ulang tahun, semoga terkabul semua impian selama ini. Tetap dalam limpahan berkah Tuhan Yang Maha Esa, segala urusannya dipermudah. Dibekali kesehatan, usia yang panjang dan rejeki yang mudah.

Salam Budaya, mari mampir sejenak membaca koleksi tulisan saya di http://www.suryadinlaoddang.com/

Terimakasih kaka suryadin laoddang, untung ada artinya 😀 terimakasih juga buat kawan-kawan yang sudah memberikan ucapan selamat ultah buat saya, ihik..ihik… ternyata umurku berkurang lagi yah 🙂 Semoga sehat juga buat kalian selalu, Amin … maap tidak bisa menyebutkan satu persatu

 

:selamat :mewek

Merdeka kah kita ?

Hari ini 18 agustus 2013

1 hari setelah hari kemerdekaan kita (indonesia)

Hari itu adalah hari dimana rakyat bersuka cita, bersorak sorai memekikkan “MERDEKA”

“Kita sudah merdeka bung” sampai hari ini pun saya tidak tahu, sudah berapa tahun kita merdeka?

Melihat siaran pers di televisi, beragam berita yang terjadi, kasus pembunuhan sadis baru-baru ini terjadi di Bandung, seorang wanita di seret sejauh beberapa kilo meter, seorang ayah memerkosa anaknya, pembunuhan dengan mutilasi, seorang bocah jatuh dari motor tetapi sang penolong malah memperkosanya.

Pertanyaannya,

Amankah Negera kita ini ?

Dimana letak kemerdekaan ?

Dimana letak kenyamanan hidup bernegara dan bermasyarakat ?

Kenapa kita harus hidup was-was, siapa tau saja kita korbannya ?

Wanita menjadi kaum terlemah yang bisa di apakan saja !!

What the hell

Merdeka, Dirgahayu Indonesia ku.

Selamat Iedul Fitri

Alhamdulillah wasyukurillah, Puasa tinggal sebentar lagi, hari yang fitri telah menanti, hari ini adalah jumat terakhir di bulan ramadhan ini, mohon maaf lahir bathin yah :salaman

Kalau meninjau kembali ibadah dari awal ramadhan, wuihhh jauh deh, seakan ramadhan itu terlewatkan begitu saja, tetapi walau sedikit amalannya tetap harus semangat yah menanti Iedul Fitri nya, ingat di perbaiki yah?? kan puasa kali ini tidak ada yang bolong, jaman waktu masih kecil dulu, ayah dan ibuku selalu menantikan kami demgan hadiah dikala kami selesaikan ramadhan tanpa bolong. hadiah kali ini apa yah??

Keadaan nya sudah beda loh, dulu saya anak, sekarang saya Ayah dari dua orang anak, kok masih harapin hadiah  :hammers

Yang penting bahagia, Anakku yang pertama selalu bertanya, papah.. fadhel mau liat adek perempuan, iya bener Adikku yang terakhir baru saja melahirkan, anaknya perempuan pas di bulan ramadhan ini, fadhel masih agag bingung membedakan adik perempuan dan laki-laki, karena anakku yang ke 2 laki-laki, ada celetukan yang sempat bikin ngakak waktu itu, kalau fadhel tidak terima sepupu nya perempuan, dia maunya laki-laki. hah ada-ada saja anak-anak, tapi sekarang fadhel sudah mengerti kalau adik sepupunya perempuan.

Mohon maaf lahir bathin yah, semoga segala Amalan kita dibulan Ramadhan ini di lipat gandakan, Amin…