Reparasi tubuh dengan puasa

Puasa Daud adalah puasa yang paling disukai oleh Allah. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya,

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).
-sumber: muslim.or.id-

Assalamu alaykum, Sahur itu sangat hikmat sekali, terbangun dari tidur tuk menjalankan ibadah memang sangat sulit, godaan demi godaan sejak jam 3 subuh terasa sekali, yes tidak lama-lama Alhamdulillah jam 4 lewat sedikit bangun langsung duduk dan segera berwudhu, teringat akan trik di youtube mengenai trik memutuskan ikatan tali syetan di tengkuk yaitu segeralah berwudhu, memang tidak langsung shalat tahajud tetapi menyiapkan kompor dulu buat masak mie 🙂 kemudian shalat, nah setelah shalat mie telur dan capucino sangat nikmat menemani sahurku kali ini Alhamdulillah.
Tidak ada maksud lain hanya ingin menjadi manusia yang belajar berterimakasih kepada Allah sang khalik, belasan tahun telah diberikan berkah pekerjaan yang baik tetapi dikesibukan itu kadang suka lupa bersyukur, nah dikesempatan yang lowong ini adalah kesempatan yang sangat baik tuk memperbaiki diri dengan waktu yang sangat sempit.
Mendengar kabar berita duka dari kawan-kawan ada beberapa kawan telah meninggalkan kami tuk menghadap sang pencipta, itu adalah tanda bagi kami yang masih hidup, bahwa masih ada urusan akhirat sebagai penyeimbang, oh iya jelas terdengar suara shalawat karena rumah pas samping mesjid 🙂 ana shalat subuh dulu yah ustad, mau laporan dulu.
Alhamdulillah, kita lanjut yah; beberapa bulan yang lalu saya mengalami kholesterol dan asam urat yang tinggi, sehingga ginjal kiri ku bermasalah yang membuat saya KO dan masuk UGD di RS Awal Bross makassar, nah itu adalah sinyalnya, peringatan dini, Allah masih memberikan kesempatan. Setelah itu saya mencoba hidup sehat, tapi apakah dengan kondisi gaya makan kita saat ini bisa sehat, lantas apa yang harus saya perbuat? Sewaktu anak ke 3 kami masih dalam kandungan saya pernah mengantarkan istri karena mendapat rujukan madical checkup di Prodia, sewaktu kami sampai disana tidak bisa dilakukan test karena aturannya adalah harus puasa tidak makan selama 12 atau 14 jam yah, saya lupa. Lantas saya penasaran kok harus puasa apa hubungannya puasa dengan medical checkup, yuk mari kita simak, ini berdasarkan asumsi saya semoga saya salah karena kesempurnaan itu hanya milik Allah semata.
Tidak usah jauh-jauh mikirnya, Allah memerintahkan kita untuk puasa Ramadhan, tujuannya untuk apa? 11 bulan tubuh kita ini dipenuhi makanan keluar masuk entah racun atau apalah, lantas mekanisme tubuh itu agar bekerja normal harus ada masa reparasi, nah puasa ramadhan adalah masa reparasinya, 1 bulan kita mengalami rehabilitasi mental, spiritual dan jasmani. Dari pelajaran yang sederhana itu saya mengambil keputusan bahwa bangin sahur dan puasa adalah kuncinya kesehatan sudah tentu olahraga juga yang utama.
Kenapa puasa daud bukan senin-kamis? Seperti yang dijelaskan oleh perintah Rosul lewat hadist di atas, selain manfaat sehat amalannya juga dapat, sekali mendayung 1000 pulau terlampaui 🙂
Apa spesial dari puasa daud, dari sisi amalan sudah jelas puasa itu tidaklah sia-sia, sehat nya juga dapat, yang spesialnya adalah sebagai latihan tuk menghadapi 1 bulan itu, nah bener sekali Ramadhan, akan sangat berbeda jika terbiasa puasa daud dengan yang tidak, sangat ringan krena saya pun mengalami nya, sudah hampir setahun saya puasa daud jika bertemu ramadhan nikmat sekali.
Saya tidur dulu kalo begitu, terima kasih sudah membaca blog saya.