1 Oktober 2020

ikhyarBlog

Mozzarella Murah Makassar

Sinonggi

Sinonggi adalah makanan khas orang Tolaki, berbahan dasar Sagu, cara membuat sinonggi sangat mudah yang susah justru itu membuat pelengkap nya.

Sagu terbuat dari sari pati pohon sagu, kegiatan pembuatannya disebut Sumaku, dulu saya sering melihat kegiatan sumaku ini di daerah kolaka, pertama-tama pohon sagu di tebang di pilih yang sudah cukup tua dan besar, setelah itu pohon dibagi-bagi biasanya menjadi satu sampai dua meter agar mudah memindahkannya ketempat sumaku, dan seterusnya.

Cara Membuat:

Siapkan sagu secukupnya simpan di baskom atau loyang yang kecil atau sedang, cuci hingga bersih biasanya sekitar 3 kali saringan air, setelah bersih siapkan air panas yang mendidih, karena kalau kurang mendidih biasanya sagu menjadi setengah matang ciri-ciri nya berwarna putih dan bergumpal.

Tuangkan air mendidih ke baskom yang berisi sagu sedikit demi sedikit, sambil di aduk-aduk tuangkan terus sampai warna sagu berubah menjadi agak bening seperti gambar dibawah ini. Nah Sinonggi sudah jadi.

sinonggi

Penyajian sinonggi sebenarnya sangat sederhana, hanya kebiasaan orang-orang tolaki melengkapi dengan berbagai macam ikan dan sayuran, biasa ada kabengga, sayur kacang panjang, sayur bening, ikan goreng dan lain sebagainya, orang tolaki menyebutnya mosonggi, nah mosonggi biasanya banyak orang, maka dari itu lauk pauk nya lengkap, sesuai selera tiap-tiap orang yang mosonggi.

Nah, jika kekkendari atau di sulawesi tenggara umumnya, akan sangat banyak menjumpai keluarga yang mosonggi tiap harinya.