Sistem Operasi

Sistem Operasi untuk sebuah Komputer atau Gadget, yang marak akhir-akhir ini di bicarakan, merupakan sebuah keterkaitan yang tidak bisa dipisahkan, ibarat sebuah Angkot tanpa supir sang pengendali tak akan ada artinya apa-apa. perkembangan Sistem Operasi saat ini sudah sangat bersaing, dari Android, MacOs, Microsoft, Linux, Simbian dlsb.

Pada Artikel ini saya hanya membahas Linux OS, yang sudah sangat berkembang dan sudah mulai merambah ke komputer desktop bahkan sudah bersaing pada perangkat Gadget.

Linux (Unix Like) diciptakan oleh Linus Torvalds yang di rilis pertama kali pada 5 Oktober 1991, Linux dibuat dibawah Free and Open Source Software model, Linux bisa beroperasi dibanyak perangkat seperti Komputer/PC, Mobile Phone, Game Consol, Router, Servers dan masih banyak lagi, dan sangat handal jika di gunakan untuk keperluan Server, boleh dikatakan sekitar 90% super komputer saat ini menggunakan linux dengan berbagai macam varian distribusi (Distro).

Hadirnya Distro atau Distribusi yang beragam menunjukkan berkembangnya Linux yang paling menonjol, kolaborasi para pengembang  free and open source software, bekerja sama mengembangkan kode sumber yang menjadi DASAR dapat digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan secara komersial atau non komersial, oleh siapapun di bawah lisensi seperti GNU General Public License.

Perkembangan distribusi Linux ini bisa di pantau melalui Distrowath website ini dikhususkan untuk memantau persaingan antar Distribusi Linux, dan sekaligus menjadi media informasi untuk mengenalkan Distro-distro baru yang muncul.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.