Site Overlay

Sumedang Kota Tahu

Sumedang Kota Tahu adalah Kabupaten dari Provinsi Jawa Barat, yang berdiri sejak sejak 22 April 1578, kontur dari daerah ini Gunung dan berbukit,  Sumedang diberkahi oleh alam yang cantik dan subur, beraneka buah-buahan dapat dijumpai di sini.

Di tengah kota terdapat alun-alun yang menjadi pusat wisata warga kota, kota Sumedang memiliki Museum Sejarah Sunda, yang menyimpan banyak artifak sejarah tanah Pasundan.

Sumedang terkenal dengan sebutan Sumedang Kota Tahu karena tahu goreng menjadi makanan khas Sumedang yang memiliki cita rasa tersendiri yang berbeda dengan produk tahu dari daerah lain. Selain tahu, dikenal pula gepuk, semacam empal.

Bagian Barat Daya wilayah Kabupaten Sumedang merupakan kawasan perkembangan Kota Bandung. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), sebelumnya bernama STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri), serta UNPAD (Universitas Padjadjaran) berlokasi di Kecamatan Jatinangor.

Gerbang Kujang Unpad

Di kecamatan jatinangor di Universitas Padjadjaran ada tradisi rakyat bukan tradisi resmi daerah ini, yaitu pasar, belum tau tepat nya kapan tradisi ini berlangsung. Semenjak unpad berdiri di jatinangor maka di areal kampus UNPAD mengadakan semacam pasar kaget, kegiatan ini berlangsung seminggu sekali, semua masyarakat sumedang dan jatinangor boleh berdagang di kampus dan hanya ada pada hari minggu, entah tradisi ini masih berlanjut atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.